Langsung ke konten utama

Belajar Menjahit Untuk Pemula

Belajar Menjahit Untuk Pemula
(Khasanah El Zahra)
Tiara Aksa


Resensi Buku Bacaan Kita - Keinginan menjahit pakaian sendiri sebenarnya sudah lama saya idamkan. Sehabis menamatkan kuliah berencana memasuki kursus jahit menjahit, namun tidak dikabulkan oleh orangtua, dengan alasan menjahit itu berat, butuh tenaga ekstra. Maklum waktu itu mesin yang dikenal oleh orangtua saya ya mesin jahit goyang kaki, jdi lumayanlah olahraga kaki. Waktu kecil saya sudah bisa menjahit tempat pensil sendiri dari kain sisa, membuat tempat sisir yang digantung di dinding, dan pernak-pernik kecil lainnya. Semua dikerjakan dengan menggunakan kain perca, menggunakan mesin jahit goyang kaki dan jahitannya masih tidak beraturan. Namun saya bangga menggunakannnya ^_^

Keinginan menjahit timbul lagi saat penulis sudah mempunyai anak. Melihat hasil karya beberapa penjahit di sosial media, membangkitkan kembali semangat untuk bisa membuat baju sendiri. Mulailah saya mencari mesin jahit yang simpel, tidak membutuhkan banyak tenaga. Dan buku ini adalah kiriman Orangtua begitu tahu saya membeli mesin jahit.

Lihat dari covernya cantik ya.. Judulnya udah langsung mengena buat penjahit pemula. Tepat sasaran banget deh judulnya. Buku dengan menggunakan Cover glossy ini dicetak pertama tahun 2013, dan buku yang saya pegang sudah cetakan ketiga... Hmm... artinya buku ini banyak dicari dong ya. Padahal dalam buku ini hanya ada 3 pola baju tapi ada 112 halaman yang siap dijelajahi. Apa aja isinya? Pertama-tama penulis memberitahukan secra singkat alat dan bahan untuk menjahit. Lalu dilanjutkan dengan cara mengukur wanita dewasa, ada penjelasan beserta gambarnya. Selanjutnya ada beberapa cara menjahit tangan yaitu jahit jelujur, tikam jejak dan sum, ini dijelaskan dengan langkah-langkahnya serta foto yang cukup jelas. Fotonya cukup banyak untuk menjadi pelengkap penjelasan.

Membuka halaman berikutnya akan dijumpai cara membuat baju atasan wanita ada 3 model yaitu blouse dasar, blouse Viosy dan blouse Sraya. Blouse dasar adalah blouse sederhana dengan resleting di bagian belakang baju. Blouse Viosy adalah blouse berkerah tegak dengan kacing di bagian depannya, ini model kemeja kalau menurut saya namanya ^_^. Blouse Sraya itu blouse sederhana dengan kerah sanghai serta memiliki modifikasi lipit di bagian ujung lengan. Menggunakan resleting di bagian belakangnya serta hiasan di bagian pinggangnya.

Blouse Viosy menggunakan motif kombinasi, di sini juga diajarkan pecah polanya. Gambarnya detail lhoo mulai dari membuat pola hingga langkah-langkah menjahitnya. Kalau saya belum begitu mahir menjahit baju dewasa, karena untuk menjahit arah lurus itu masih suka kacau. Saya pernah coba buat baju anak dengan melihat langkah-langkah di buku ini -_- Problem utama saya ya adalah menjahitnya ga bisa lurus terus..Saking detailnya untuk 1 baju itu sampai puluhan halaman, banyak foto per langkah disajikan di sini.

Eits ga cuma itu aja, ada tips menjahit di halaman 108 salah satunya yaitu "Yakinkan diri anda # SALAH # dalam belajar menjahit adalah wajib hukumnya, jadi jangan takut untuk MULAI praktiknya dan MULAI berkarya. Salah itu adalah proses pembelajaran"
Nah.. yang merasa masih canggung menjahit, mau mulai dari mana, apa dulu yang dikerjakan, bisa banget jadikan buku ini sebagai pegangan. Beli sekarang jangan tunggu habis di pasaran ^_^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Thomas Alva Edison

Thomas Alva Edison (Han Kyeol) Elex Media Komputindo Sudah dari beberapa hari yang lalu ingin menceritakan tentang isi buku ini, tapi baru kesampaian sekarang. Tadinya buku ini mau diberikan kepada keponakan, namun setelah membacanya jadi urung. Ada beberapa kalimat yang menurut saya tidak layak untuk dibaca anak2. Ada kata-kata b**oh, t**ol, d**gu, si**an... Buku ini saya beli dengan harga yang cukup murah, karena tergolong dalam buku Broken (dapat harga cuci gudang). Entah apa yang membuat buku ini disebut buku broken, saya tidak sempat menanyakannya.  Buku cerita bergambar setebal 160 halaman ini dikemas dengan kertas yang cukup tebal, dan cover yang cukup bagus. Gambar-gambar dibuat dengan ekspresi yang "full", atau bisa dibilang berbagai ekspresi yang berlebihan. Pada beberapa halaman pertama gambar2 diperkaya dengan beberapa warna. Tadinya saya mau mengajak anak-anak untuk mewarnai halaman selanjutnya yang tidak berwarna, tapi sayangnya karak

Ready for school Big Workbook

Ready for School Big Workbook Parragon Books Sebenarnya buku ini dibelinya sudah cukup lama. Tapi anak saya baru lancar membaca beberapa waktu ini. Dia juga baru mulai semangat belajar bahasa Inggris. Dan selama menjalani homeschooling memang saya berharap porsi belajar bahasa Inggris dan matematika cukup banyak. Yang pasti tetap utama dan terutama belajar akhlak sesuai Al Qur'an dan sunnah. Dalam buku ini tidak hanya belajar mengenai Bahasa Inggris dengan cara seru saja, tapi juga belajar matematika menggunakan Bahasa Inggris. Seseru apa sih belajar Bahasa Inggris dengan buku ini? Mulai dari yang simpel melingkari gambar dengan bunyi akhiran yang sama, mencari kata yang tersembunyi, mengisi huruf yang kosong, merubah huruf awalan kata,  menulis kalimat berdasarkan gambar yang ada, membuat gambar dari kata yang disediakan, dan masih banyak lagi beragam latihan yang diberikan. Di seriap halaman ada gambar menarik buat anak. Kalau anak saya suka lompat-lompat halaman me