Langsung ke konten utama

Ensiklopedia Anak Hebat, Tumbuhan

Ensiklopedia Anak Hebat, Tumbuhan
(Jung Myung Suk)
PT. Buana Ilmu Populer



Referensi buku mengenai tumbuhan untuk anak sangat minim, bahkan di toko buku besar pun sangat sedikit yang saya temukan. Kebanyakan buku tumbuhan mengulas mengenai khasiatnya, dan itu untuk bacaan dewasa. Ensiklopedi tumbuhan yang dapat dibaca anak yang saya temukan adalah buku ini. Buku ini dihargai cukup mahal (bagi kantong saya). Awalnya ragu membelinya, tapi saya tawar kepada anak, membeli buku ini satu dulu, nanti dibeli yang lainnya kalau ada rezeki lagi. Anak setuju dan akhirnya buku ini dibawa pulang.

Buku dengan hardcover ini mempunyai tampilan depan yang menarik untuk anak. Bahan kertas mengkilap dan penuh foto serta gambar berwarna di tiap halaman. Buku ini favorit anak saya dari pagi sampai mau tidur. Buku ini biasa diletakkan di sampingnya saat mau tidur.
Buku setebal 264 halaman ini (pada buku ini halaman depan dihitung sebagai halaman pertama) menceritakan mulai dari tumbuhan bunga, buah, padi, rumput, dan lain-lain. Dalam buku tidak diklasifikasikan, hanya dibahas satu persatu tidak sesuai indeks.

“Dalam peribahasa Inggris, ada kalimat ‘satu apel sehari akan mengusir dokter pergi’. Apel mengandung 85% air, kaya akan berbagai vitamin yang baik untuk gangguan pencernaan, dan bisa menghaluskan kulit. Asam organik yang terdapat di dalamnya juga dapat membantu melancarkan pencernaan. “
“ Di dalam apel terdapat zat bernama fenol yang berubah menjadi pigmen melanin bila bertemu udara, oleh karena itu, warna permukaan apel berubah menjadi kehitam-hitaman. Fenomena ini dinamakan oksidasi. Untuk mencegah reaksi ini, celupkan apel yang telah dikupas ke dalam air garam. Dengan begitu, warna apel dapat bertahan lama seperti apa adanya.”
Itulah sedikit dari sekian banyak tumbuhan yang dibahas di buku ini.

Tiap pembahasan tumbuhan dimulai dengan tebak-tebakan. Halaman berikutnya berisi foto tumbuhan dengan warna cerah dan berukuran besar. Lalu tumbuhan ini diceritakan dengan ulasan fakta pada halaman selanjutnya. Membalik halaman akan ditemui pertanyaan seputar tumbuhan yang jawabannya sudah disiapkan, masih pada halaman yang sama terdapat keterangan bagian tubuh tumbuhan, tumbuhan yang mirip serta siklus hidupnya. Lalu melirik halaman di sampingnya akan ada  cerita menarik berupa dongeng. Terakhir di halaman lain akan ada tebak-tebakan lagi untuk anak seputar tumbuhan yang sudah dibahas.

Yang sedikit mengganggu saya adalah buku ini adalah buku terjemahan dari buku aslinya “Plants Encyclopedia” dari Korea. Semua tumbuhan yang disajikan dalam buku ini dihubungkan dengan peribahasa Korea, dongeng anak Korea, lagu Korea, atau kisah mengenai Korea lainnya. Beberapa tumbuhan terlihat asing.

Buku di tangan saya ini merupakan buku cetakan ketiga.  Meski buku ini banyak berkisah tentang Korea, secara keseluruhan isi buku menarik untuk dibaca anak. Jika anak anda pecinta tumbuhan, senang berkebun dan menyukai foto tumbuhan, coba hadirkan buku ini di rumah anda. Buku ini menceritakan 40 jenis tumbuhan yang pada bagian awalnya juga dijelaskan apa itu tumbuhan, beda tumbuhan dan hewan,perkembangbiakan, penyebaran, bagian tumbuhan,klasifikasi, fase hidup, membedakan pohon dan perdu, pengelompokan, serta perbedaan buah dan anggur. Ternyata semangka itu termasuk sayuran lhoo. Penasaran dengan buku ini? Yuk dibaca..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Menjahit Untuk Pemula

Belajar Menjahit Untuk Pemula (Khasanah El Zahra) Tiara Aksa Resensi Buku Bacaan Kita - Keinginan menjahit pakaian sendiri sebenarnya sudah lama saya idamkan. Sehabis menamatkan kuliah berencana memasuki kursus jahit menjahit, namun tidak dikabulkan oleh orangtua, dengan alasan menjahit itu berat, butuh tenaga ekstra . Maklum waktu itu mesin yang dikenal oleh orangtua saya ya mesin jahit goyang kaki, jdi lumayanlah olahraga kaki. Waktu kecil saya sudah bisa menjahit tempat pensil sendiri dari kain sisa, membuat tempat sisir yang digantung di dinding, dan pernak-pernik kecil lainnya. Semua dikerjakan dengan menggunakan kain perca, menggunakan mesin jahit goyang kaki dan jahitannya masih tidak beraturan. Namun saya bangga menggunakannnya ^_^ Keinginan menjahit timbul lagi saat penulis sudah mempunyai anak. Melihat hasil karya beberapa penjahit di sosial media, membangkitkan kembali semangat untuk bisa membuat baju sendiri. Mulailah saya mencari mesin jahit yang simpel, t

Thomas Alva Edison

Thomas Alva Edison (Han Kyeol) Elex Media Komputindo Sudah dari beberapa hari yang lalu ingin menceritakan tentang isi buku ini, tapi baru kesampaian sekarang. Tadinya buku ini mau diberikan kepada keponakan, namun setelah membacanya jadi urung. Ada beberapa kalimat yang menurut saya tidak layak untuk dibaca anak2. Ada kata-kata b**oh, t**ol, d**gu, si**an... Buku ini saya beli dengan harga yang cukup murah, karena tergolong dalam buku Broken (dapat harga cuci gudang). Entah apa yang membuat buku ini disebut buku broken, saya tidak sempat menanyakannya.  Buku cerita bergambar setebal 160 halaman ini dikemas dengan kertas yang cukup tebal, dan cover yang cukup bagus. Gambar-gambar dibuat dengan ekspresi yang "full", atau bisa dibilang berbagai ekspresi yang berlebihan. Pada beberapa halaman pertama gambar2 diperkaya dengan beberapa warna. Tadinya saya mau mengajak anak-anak untuk mewarnai halaman selanjutnya yang tidak berwarna, tapi sayangnya karak

Ready for school Big Workbook

Ready for School Big Workbook Parragon Books Sebenarnya buku ini dibelinya sudah cukup lama. Tapi anak saya baru lancar membaca beberapa waktu ini. Dia juga baru mulai semangat belajar bahasa Inggris. Dan selama menjalani homeschooling memang saya berharap porsi belajar bahasa Inggris dan matematika cukup banyak. Yang pasti tetap utama dan terutama belajar akhlak sesuai Al Qur'an dan sunnah. Dalam buku ini tidak hanya belajar mengenai Bahasa Inggris dengan cara seru saja, tapi juga belajar matematika menggunakan Bahasa Inggris. Seseru apa sih belajar Bahasa Inggris dengan buku ini? Mulai dari yang simpel melingkari gambar dengan bunyi akhiran yang sama, mencari kata yang tersembunyi, mengisi huruf yang kosong, merubah huruf awalan kata,  menulis kalimat berdasarkan gambar yang ada, membuat gambar dari kata yang disediakan, dan masih banyak lagi beragam latihan yang diberikan. Di seriap halaman ada gambar menarik buat anak. Kalau anak saya suka lompat-lompat halaman me